My Best Trip In 2019


Entah mengapa, tahun 2019 ini saya mengalami masa hibernasi terkait travelling yang menjadi hobby saya selama ini. Tidak tanggung-tanggung, saya bisa berdiam lama di rumah, tidak kemana-mana, tidak juga ke mall atau pergi sekedar jalan-jalan. Malas!

Bulan Maret saya ke Singapura hanya untuk melihat Sakura di Gardens By The Bay dan sebulan kemudian saya ke Myanmar karena perjalanan menapak tilas. Meskipun saya memaksa diri untuk bepergian dengan antusiasme seperti biasanya, saya tak bergerak cukup jauh. Saya hanya berhasil berjalan sekitaran Jakarta. Kalaupun akhirnya saya melakukan perjalanan, pastinya merupakan bagian dari perjalanan keluarga. Entah mengapa, ada rasa yang begitu kuat untuk berjalan ke dalam diri dan berlama-lama melakukan perjalanan itu. 

Bulan-bulan 2019 berlalu dengan bahasa yang sama, penuh dengan tanda-tanda bagi saya bahwa cepat atau lambat saya akan memasukinya. Tahun ini tahun perubahan lagi. Begitu banyak sentuhan Kasih yang mendukung agar saya berani melangkah. Jangan takut. Namun saya tetap berkalung keraguan menghadapi hari. 

Saya teringat penggalan-penggalan kehidupan saya sendiri, yang sejak kecil diberikan begitu banyak anugerah hidup. Menerima bimbingan kehidupan, memungut hikmah yang berserak, mengamati perubahan dan menerima serta menjalani hidup dengan cara yang bisa jadi tak biasa. Meskipun selalu saya berpegang pada prinsip, saya sama saja seperti yang lain.

Proses hibernasi saya dalam hal travelling membuktikan diri ini memang sedang dalam perubahan. Mungkin seperti ulat dalam kepompong. Saya mengikuti saja apa yang akan terjadi dalam setiap harinya. 

Oktober 2019.

Seperti juga dulu ketika akan melakukan perjalanan trekking ke Himalaya pada tahun 2017, sepertinya Semesta Mendukung apa yang seharusnya saya lakukan pada tahun 2019 ini. Semuanya mengarah ke satu fokus, perjalanan batin yang amat indah. 

Saya mem’baca‘nya, namun ada keraguan, benarkah? bisakah? untukkukah?

Lalu dalam malam-malam hening, saya berdoa, untuk meluruh kepadaNya, membiarkan Dia menjadikan saya wayangNya. Bergantung sepenuhnya kepadaNya. 

Dalam pada sebuah hari di bulan Oktober 2019 itu, saya memberanikan diri membuka satu ‘pintu’ kehidupan

Umroh!

Dan ‘pintu’ yang terbuka untuk saya tidak tanggung-tanggung, 

Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjid Al Aqsho dalam satu perjalanan batiniah!

“Dan jangan mengencangkan pelana (melakukan perjalanan jauh) kecuali untuk mengunjungi tiga masjid: Masjidil Haram, Masjidil Aqsha, dan Masjidku (Masjid Nabawi),” (HR Bukhari).

Dan akhirnya, pada minggu ke empat bulan Desember 2019, saya mendapatkan kado ulang tahun sekaligus kado ulang tahun pernikahan langsung dariNya, bersama suami kami melakukan perjalanan ibadah yang paling membahagiakan, paling luar biasa dalam kehidupan kami. 

Menikmati hari-hari begitu indah di Masjid Nabawi di Medinah, lalu bergabung dengan jutaan orang melakukan ritual umroh di Masjidil Haram di jantung kota Mekkah, serta merasakan ibadah yang mengharubiru di Masjid Al Aqsho di kota tua Jerusalem, Palestina. 

Bisa jadi Allah SWT memberikannya untuk saya di tahun 2019, Save the best for last…

kabah
Masjidil Haram
nabawi
Masjid Nabawi
DSC00685
Kawasan Masjid Al Aqsho

 


Pos ini ditulis sebagai tanggapan atas tantangan mingguan dari Celina, Srei’s Notes, A Rhyme in My Heart, dan Cerita Riyanti sebagai pengganti Weekly Photo Challenge-nya WordPress, yang untuk tahun 2019 minggu ke-51 ini bertema Best agar blogger terpacu untuk menulis artikel di blog masing-masing setiap minggu. Jika ada sahabat pembaca mau ikut tantangan ini, kami berdua akan senang sekali…

3 tanggapan untuk “My Best Trip In 2019

  1. Terkadang saya pun merasakan ketakutan2 seperti yg mbak rasakan. Excited utk jalan-jalan masih ada namun entah kenapa merasa ada yg kurang. Tahun 2020 ini list traveling juga akan saya niatkan utk dialihkan ke nabung utk umroh. Semoga dilancarkan seperti mbak 😊

    Disukai oleh 1 orang

Please... I'm glad to know your thoughts

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.