Meniti Misteri Pedang Suci di Candi Preah Khan


Satu cerita tentang perjalanan ke Candi Preah Khan, salah satu dari begitu banyak di Angkor Archaeological Park, Cambodia.

A Rhyme in My Heart

Entah sudah berapa kali saya mengunjungi kompleks Candi-candi Angkor di Cambodia, namun karena kecintaan yang dalam pada tumpukan batu yang tak jarang tampak tak beraturan itu, sepertinya saya selalu merasa amazed lalu menggunakan mesin waktu tepat di depan gerbang di tiap candi. Giliran kali ini adalah Candi Preah Khan yang letaknya sekitar 2kilometer di timur laut Angkor Thom.

Berbeda dengan kebanyakan orang, supir tuk-tuk menurunkan saya di sisi Barat candi dan menjemput kembali di sisi Timur. Dan mulailah saya menembus hutan Angkor yang sudah terbuka untuk sampai ke candi Preah Khan dan siap menyalakan mesin waktu.

Candi Preah Khan menyambut saya dengan pelintasan lebar dengan pilar-pilar setinggi 2meter berpahat Garuda di tiap sisinya yang menghias kiri kanan jalan, membuat pelintasan tampil memukau. Tergambar imajinasi para pendeta Buddha dengan gumaman doa disertai denting genta berjalan melaluinya di malam hari dengan obor yang menyala di tiap pilar, membuat candi Preah Khan tampil…

Lihat pos aslinya 1.314 kata lagi

2 pemikiran pada “Meniti Misteri Pedang Suci di Candi Preah Khan

    • Mba Yusmei, yang tetap mengherankan saya, kalau ke Angkor itu rasanya seperti ‘pulang’ dan terus demikian hingga berkali-kali berkunjung ke Angkor. Jadi ya gitu deh… pasti balik, kayak recharged hahaha…

      Suka

please... do let me know your thoughts

